Rabu, 29 Februari 2012

Jenis-jenis jaringan komputer

Macam-macam jaringan komputer : Sebelum mengenal macam-macam jaringan komputer ada baiknya sedikit memahami apa pengertian jaringan komputer, jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Dan pembagian macam macam jaringan komputer dibedakan berdasarkan lokasi antar komputer,jarak antar komputer, cara komputer terhubung atau juga perangkat tambahan yang menghubungkan komputer tersebut. Berdasarkan beberapa hal ini ini maka macam-macam jaringan komputer bisa begitu kompleks dan juga sangat sederhana tergantung kebutuhan masing-masing.
macam macam jaringan komputer macam macam jaringan komputer
 

Macam-Macam Jaringan Komputer

Macam-macam jaringan komputer menurut fungsinya
  •     Jaringan komputer point-to-point atau  peer-to-peer (P2P), yaitu di mana semua komputer terhubung langsung satu dengan lainnya, tidak ada perangkat tambahan yang menjadi bridge atau server yang menghubungkannya. Jadi model jaringan seperti ini memungkinkan komunikasi langsung antara komputer baik secara hardware maupun software.
  •     Jaringan komputer dengan model client – server, ini berbeda pada point di atas model jaringan komputer ini memerlukan komputer khusus yang di sebut server sebagai perantara antara komputer (client). Fungsinya macam-macam jaringan model ini adalah untuk mengontor akses antar client untuk berkomunikasi dengan komputer lainnya.

 
Macam-macam jaringan komputer berdasarkan model jaringan (topologi)

Topologi disini adalah semacam diagram gambar yang bisa mewakili cara komputer terhubung satu sama lainnya dalam jaringan komputer.

  •     Macam-macam jaringan komputer dengan Topologi BUS – model jaringan komputer ini adalah seluruh komputer dalam satu jaringan terhubung dengan jalur utama (backbone) umumnya berupa kabel  yang disebut (BUS). Seluruh komputer akan berkomunikasi dalam jaringan menggunakan media utama tadi tadi (BUS)
  •     Macam-macam jaringan komputer dengan Tipologi Ring – model jaringan komputer ini menyerupai cincin pada umumnya dimana komputer terhubung satu dengan lainnya berupa lingkaran, dimana komputer pertama terhubung dengan komputer ke dua dan begitu seterunya sehingga pada akhirnya komputer terakhir akan kembali terhubung dengan komputer yang pertama tadi. Kelemahannya adalah ketika salah satu komputer bermasalah maka jaringan komputer akan bermasalah.
  •      Macam-macam jaringan komputer dengan Star – mungkin ini macam jaringa komputer yang paling sering digunakan, komputer terhubung dengan komputer lainnya melalui konsentrator berupa HUB atau Switch atau gabungan keduanya. Sehingga komputer bisa terhubung satu dengan lainnya dengan aman, meskipun ada salah satu komputer yang bermasalah komputer yang lain tetap terhubung dengan baik.

Macam-macam jaringan komputer berdasarkan lokasi

Pembagian Macam-macam jaringan komputer berdasarkan lokasi disini adalah mengkategorikan Macam-macam jaringan komputer berdasarkan lokasi,jarak antara client buka berdasarkan modelnya atau perangkat yang digunakan.

  •     Macam-macam jaringan komputer Moel Local Area Network (LAN) – model jaringan ini menghubungkan komputer – komputer lokal untuk saling berkomunikasi, biasanya menggunakan HUB atau server. Umumnya jaringan LAN di bangun dalam satu ruangan seperti rumah atau kantor.
  •     Macam-macam jaringan komputer Model Metropolitan Area Network (MAN) – model jaringan ini adalah pengembangan dari model jaringan LAN, dimana dua atau lebih model jaringan LAN saling berhubungan sehingga bisa terhubung satu dengan lainnya. Penerapannya bisa pada antar kantor yang melibatkan lebih dari satu gateway dan umumnya sudah memiliki satu server utama sebagai pusat data.
  •     Macam-macam jaringan komputer Model Wide Area Network (WAN) – model jaringan ini sudah kompleks, gabungan dari dua model jaringan di atas, sudah menghubungkan lebih dari satu gateway, internet adalah salah satu penerapan model jaringan komputer ini.

Sebenarnya ada banyak model jaringan yang sering di gunakan tetapi apa yang saya tulis di atas sudah mewakili dari semua macam-macam jaringan komputer yang sering di gunakan. Yang mejadi pertimbangan awal untuk membuat sebuah jaringan komputer adalah dengan memahami betul macam-macam jaringan komputer, sehingga tidak salah dalam penerapannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

motivasi

"jadikan pengalaman buruk sebagai pelajaran berharga
untuk menjadikan mu sebagai
pribadi yang baik dimasa depan"

"Jadikan kekalahan sebagai pengealaman untuk menang dimasa depan "


"bukan orang yang merubah kita,tapi diri kita sendirilah yang bisa merubahnya"



"jadilah orang yang wajib bagi orang lain,yaitu kebikan akan datang disaatnya dia hadir didalamnya "




"KEKALAHAN BUKAN AKHIR DARI SEGALANYA,TERUSLAH BERPRESTASI DIMASA DEPAN"